body{ background:#ded8c0; color:#28261A; font:12px verdana,arial,Sans-erif; text-align:left; margin:0; line-height:1.6em; }

Rabu, 28 November 2012

LOGIKA MATEMATIKA


TUGAS
TUGAS MATEMATIKA 1
NIM                                : 120611100004
NAMA                            : LUTVI ANGGRAINI
FAKULTAS                  : ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA
PRODI/KELAS            : PGSD/A
DOSEN PENGAMPU : MUH. EDY NURTAMAM, S.Pd., M.Si,.
Buatlah masing-masing pernyataanyang menunjukkan :
1.      Konjungsi
2.      Disjungsi
3.      Implikasi
4.      Bi-implikasi)
5.      Negasi dari konjungsi, Disjungsi, dan Implikasi
6.      Kuantor Universal
7.      Kuantor Eksintensial
JAWAB
NO
JENIS PERNYATAAN
PERNYATAAN
1
Konjungsi
(dan)
v  Lutvi sedang mengerjakan tugas dan medengarkan musik.
v  Adik makan ayam dan menonton televisi.
v  Ayah pulang kerja dan Lutvi merasa senang.
v  Kakak mempunyai sepeda motor dan mempunyai mobil balap.
2
Disjungsi
(atau)
v  Adik  belajar biologi atau sedang bermain komputer.
v  Ani pergi ke rumah teman atau berbelanja di pasar.
v  Ayah pulang kerja sore hari atau malam hari
v  Adik bercita-cita menjadi dokter atau menjadi dosen.
3
Implikasi
(jika ... maka ... )
v  Jika Ibu menanak nasi maka saya makan di rumah.
v  Jika saya rajin belajar maka akan lulus kuliah  dalam 3.5 tahun.
v  Jika saya tidak pulang kerumah maka saya di rumah teman
v  Jika saya menemui dr.Farhan maka saya sedang sakit.
4
Bi-implikasi
( jika dan hanya jika ... )
v  Saya terlambat jika dan hanya jika saya bangun kesiangan.
v  Saya bangun kesiangan jika dan hanya jika  saya tidur terlalu malam.
v  Ibu pergi berbelanja jika dan hanya jika kebutuhan di rumah habis.
v  Adik menangis di malam hari jika dan hanya jika Adik mimpi buruk.

NO
PERNYATAAN
NEGASI
5
KONJUNGSI
v  Ibu pergi ke pasar dan saya menjaga toko.
v  Ayah pergi ke kantor dan Ibu menjaga rumah.
v  Adik bermain layang-layang dan berlari-lari.
v  Adik menyapu halaman rumah dan Kakak menyiram tanaman.
v  Ibu tidak pergi ke pasar atau saya tidak menjaga toko.
v  Ayah tidak  pergi ke kantor atau saya tidak menjaga rumah.
v  Adik tidak bermain layang-layang atau tidak berlari-lari.
v  Adik tidak menyapu halaman rumah  atau Kakak tidak menyiram tanaman.
DISJUNGSI
v  Citra tidur di kamar atau menonton televisi di ruang tamu.
v  Riri pergi ke kampus atau pergi ke alun-alun
v  Citra tidak tidur di kamar dan tidak menonton televisi di ruang tamu.
v  Riri tidak pergi ke kampus dan tidak pergi ke alun-alun
IMPLIKASI

v  Jika saya membeli makanan maka saya merasa lapar.
v  Jika hari ini libur maka saya pergi ke alun-alun Bangkalan.
v  Jika Ayah pergi ke luar kota maka saya merasa sedih.
v  Jika saya merasa kelelahan maka saya akan istirahat.
v  Saya membeli makanan dan saya tidak merasa lapar.
v  Hari ini libur dan saya tidak pergi ke alun-alun Bangkalan.
v  Ayah pergi ke luar kota  dan saya tidak merasa sedih.
v  Saya merasa kelelahan dan saya tidak akan istirahat.

NO
JENIS KUANTOR
PERNYATAAN
6
Kuantor Universal
v  Semua anak pada hari Minggu libur sekolah.
v  Semua siswa SD Harapan Pagi masuk pukul 06.30 WIB.
v  Setiap mahasiswa PGSD  melaksanakan senam pagi pada hari Jum’at.
v  Setiap hari Selasa mahasiswa PGSD kelas A masuk pukul 07.00 WIB.
7
Kuantor Eksistensial
v  Ada mahasiswa yang mempunyai mobil.
v  Beberapa mahasiswa PGSD memakai kacamata.
v  Sebagian mahasiswa sholat Dhuhur berjamaah di Mushollah UTM.
v  Sebagian mahasiswa datang terlambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar